Gochujang, yang diterjemahkan langsung dari bahasa Korea, berarti pasta / saus cabai pedas. “Gochu” berarti cabai pedas. Dan “jang” berarti pasta atau saus. Ini adalah bumbu pilihan di Korea. Gochujang dapat disajikan dengan kripik, sashimi, ssam, bibimgooksoo (“mi campur”), bibimbap (“nasi campur”), dll. Ini juga merupakan bahan yang biasa digunakan dalam bumbu dan sup saat menyiapkan hidangan Korea.

Secara tradisional, gochujang dibuat di rumah dan difermentasi dalam pot tanah. Tetapi sekarang sudah banyak produsen yang memproduksi Gochujang ini secara masal, jadi sudah banyak produk jadi dari Gochujang ini di toko-toko atau supermarket.

Gochujang terasa gurih, asin, dan manis sekaligus. Tetapi bisa jadi sangat pedas.

BAHAN:
3 sendok makan gochuchang (* lihat catatan di bagian bawah pos)
1 sendok teh agave nektar atau 1 1/2 sendok teh gula
1 sendok teh biji wijen
1 sendok teh minyak wijen
Opsional: 1 atau 2 sendok teh air jika Anda ingin mengencerkan saus

1. Campurkan semua bahan dalam mangkuk kecil. Campur sampai merata.
2. Nikmati dengan apa saja yang anda suka!

* Saya menggunakan gochujang vegan yang terbuat dengan beras ketan. Biji-bijian yang digunakan dalam pembuatan gochujang bervariasi tergantung pada produsennya. Beberapa menggunakan beras ketan, sementara yang lain menggunakan gandum. Beberapa merek juga menggunakan ekstrak MSG dan ikan. Jadi, jika Anda mencoba menghindari bahan-bahan tertentu atau Anda ngotot menggunakan semua bahan alami atau vegan, periksa labelnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *