Sangchu Geotjeori (Salad Selada Korea) biasanya disajikan dengan Barbekyu Korea di restoran Korea. Rasanya sedikit asin, manis, dan cuka melengkapi Bulgogi dan Galbi dengan sempurna.

Sangchu Geotjeori (Salad Selada Korea)

BAHAN:
1 ikat romaine, daun hijau, atau daun selada merah
2 bawang hijau atau 1/2 ikat buchu (daun bawang)
2 siung bawang putih kecil, cincang atau parut
Tamari 2 sdm (kecap bebas gluten)
1 1/2 – 2 cuka beras sdm
1 sdm minyak wijen
1 sdm gula, atau madu
1/2 – 1 sdt gochugaru (serpihan cabai merah Korea)
1 sdm biji wijen panggang yang dihancurkan

INSTRUKSI:
1. Campur bawang putih cincang dan cuka beras dalam mangkuk kecil. Diamkan selama beberapa menit. Tambahkan sisa bahan untuk saus: kecap, minyak wijen, madu, gochugaru, dan biji wijen. Aduk agar bercampur.

2. Potong bawang hijau/daun bawang tipis menjadi potongan-potongan panjang. Jika Anda menggunakan daun bawang, cukup potong menjadi 2-3 inci. Potong selada menjadi potongan-potongan atau pita. Tambahkan bersama dalam mangkuk besar. Tuang saus dari langkah 1. Aduk perlahan sampai saus merata. Hiasi dengan biji wijen panggang dan gochugaru (serpihan cabai merah Korea). Sajikan segera.

* Catatan Masak: Seperti banyak masakan Korea, Anda dapat memvariasikan bumbu sesuai dengan preferensi Anda. Jika Anda suka salad Anda sedikit lebih asam, tambahkan lebih banyak cuka beras. Jika lebih menyukai manis, tambahkan lebih banyak nektar agave/madu dan sebagainya.

Salad ini secara tradisional dibuat dengan bawang hijau, tetapi saya lebih suka buchu (daun bawang) daripada bawang hijau karena rasanya yang lebih lembut. Jadi daun bawang akhirnya yang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *