Korean Galbi Jjim (Iga Pendek Daging Sapi)

BAHAN:

1,2 kg tulang rusuk pendek daging sapi
2 sdm kecap asin (atau kecap asin)
2 sdm kering oregano (atau daun salam sebagai alternatif)
2 wortel sedang, potong-potong berukuran sedang
3 sdm biji wijen panggang

SAUS :

1 buah buah pir Asia (dikupas, dikupas dan dicincang) atau gunakan apel sebagai alternatif
2 bawang putih sedang, kupas & cincang
6 sdm kecap asin
3 sdm gula merah
2 sdm mirin, (saya menggunakan cuka beras 2tbsp pengganti + 1 sdm gula)
3 siung bawang putih cincang
1 sdt jahe parut
1 sdm minyak wijen
1 sdt bubuk lada

PETUNJUK:

1. Rendam iga sapi dalam air dingin selama 10 hingga 20 menit. Ini untuk mengeluarkan cairan merah (yang terlihat seperti darah) dari daging. Ganti air beberapa kali dan cuci daging sapi dengan air mengalir.

2. Dalam panci, rebus iga sapi dengan air yang cukup untuk menutupi daging sapi. Tambahkan 2 sdm kecap, oregano kering, garam dan merica.

3. Tutup panci dan tunggu sampai mendidih. Kecilkan api dan didihkan selama sekitar 1 jam. Jangan lupa untuk memeriksa kembali sesekali dan aduk daging sapi agar matang sempurna.

4. Sementara itu, campurkan bahan saus ke dalam mixer atau food processor. Dalam blender tambahkan kecap dan mirin terlebih dahulu. Secara bertahap tambahkan irisan pir dan bawang secara bergantian. Blender, lalu terus tambahkan beberapa irisan pir dan bawang hingga semua bahan halus.

5. Tambahkan gula, jahe, bawang putih, minyak wijen. Blender lagi sampai semua bumbu dimasukkan. Sisihkan sampai dibutuhkan.

6. Setelah satu jam, Anda mungkin perlu menambahkan air panas ke daging sapi rebus. Tambahkan 2 gelas air panas dan terus didihkan. Anda harus terus menambahkan air panas sesuai kebutuhan. Sampai daging sapi menjadi empuk selama 1 jam. Biarkan semua air menguap sampai daging sapi menjadi empuk.

7. Setelah daging sapi empuk dan semua air menguap, sekarang saatnya untuk menambahkan saus dan wortel yang diiris. Tambahkan saus ke daging sapi. Aduk rata dan biarkan mendidih di atas api besar.

8. Kecilkan api setelah mulai mendidih. Biarkan mendidih dan aduk daging sapi sesekali agar tidak hangus.

9. Dalam wajan kecil, panggang biji wijen di atas api kecil (tidak perlu minyak) sampai kecoklatan atau sedikit dipanggang. Biarkan dingin dan sisihkan untuk hiasan terakhir.

10. Terus didihkan iga sapi sampai semua cairan menguap dan saus menjadi kental dan berminyak. Bumbui dengan garam secukupnya. Matikan api dan taburi dengan biji wijen panggang.

11. Sajikan dengan kimchi di sisinya, sup jamur dan nasi putih. Selamat memasak dan nikmatilah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *