Bimbimbap

BAHAN:
3 cangkir nasi gandum
8 ons daging sapi, iga atau sirloin (pengganti jamur shiitake untuk hidangan vegetarian)
2 gelas gosari rebus *.
16 ons kecambah, (atau kecambah kacang hijau, atau tauge)
1 ikat bayam
2 mentimun kirby (acar) (atau 1 mentimun Korea)
2 zucchini kecil
2 wortel sedang
5 sendok teh bawang putih cincang
2 atau 3 daun bawang, dicincang
kecap
minyak wijen
biji wijen panggang
garam dan merica
minyak sayur atau minyak canola
4 butir telur

Saus bibimbap:
4 sendok makan pasta cabai merah Korea
1 sendok makan gula
1 sendok makan minyak wijen
3 sendok makan air

PETUNJUK:

Masak nasi dengan sedikit air. Nasi bibimbap harus sedikit kering dari biasanya untuk hasil terbaik.

Untuk Daging Sapi:

Iris menjadi potongan tipis sepanjang 2 inci. Dalam mangkuk, campurkan 1 sendok makan kecap asin, 2 sendok teh gula, 2 sendok teh minyak wijen, 2 sendok teh rice wine(boleh tidak karena non halal), 1 sendok makan potongan daun bawang, 1 sendok teh potongan bawang putih, 1/2 sdm biji wijen, dan sejumput lada. Biarkan selama 20 menit agar bumbu meresap. Kemudian, tumis dalam wajan selama 2 – 3 menit di atas api besar.

Untuk Gosari (Fern brake):

Potong menjadi 3 inci. Tambahkan dengan 2 sendok makan kecap asin, 1 sendok makan minyak wijen, 1 sendok teh bawang putih cincang, 1/2 sendok teh biji wijen, dan sejumput lada. Sisihkan selama 10 menit. Kemudian, tumis dalam wajan dengan 1 sendok makan minyak sayur selama sekitar 5 menit di atas api sedang.

Untuk Tauge/kecambah:

Rebus 1 gelas air dengan satu sendok teh garam. Tambahkan tauge dan masak selama 3 menit. Keringkan segera dan cuci dengan air dingin untuk mengurangi panas. Kuras airnya terus menerus. Kemudian, tambahkan dengan 1 sendok teh bawang putih cincang, 2 sendok teh minyak wijen, 1/2 sendok teh biji wijen. Bumbui garam dan lada secukupnya.

Untuk Bayam:

Siapkan air mendidih dengan sedikit garam dan rebus bayam sampai agak layu (sekitar 30 – 40 detik). Angkat dari air dan siram dengan air dingin. Buang kelebihan air. Potong menjadi 3 inci. Pindahkan ke dalam mangkuk dan tambahkan 1 sendok makan daun bawang cincang, 1 sendok teh bawang putih cincang, 1 sendok teh minyak wijen, 1/2 sendok teh biji wijen dan garam dan lada secukupnya.

Untuk Mentimun:

Iris mentimun dengan irisan tipis seperti yang lain. Bumbui dengan banyak garam. Sisihkan selama 10 – 15 menit. Buang kelebihan air. Pindahkan dalam mangkuk dengan 1 sendok makan daun bawang cincang, 1/2 sendok teh bawang putih cincang, 1 sendok teh minyak wijen dan 1/2 sendok teh biji wijen.

Untuk Zucchinis: Lakukan hal yang sama untuk zucchinis dan iris tipis. Taburkan garam di atas irisan zucchinis dan diamkan selama 10 – 15 menit. Buang sisa jus dari zucchini asin. Pindahkan ke dalam mangkuk dan tambahkan 1 sendok makan daun bawang cincang, 1/2 sendok teh bawang putih cincang, 1 sendok teh minyak wijen dan 1/2 sendok teh biji wijen. Dalam wajan, tumis dalam minyak selama 1 – 2 menit di atas api sedang.

Untuk Wortel:

Iris wortel menjadi potongan pendek. Dalam panci yang sama, tumis selama 1 – 2 menit di atas api sedang. Bumbui garam dan lada secukupnya.

Untuk saus: Campur semua bahan saus dalam mangkuk kecil dan aduk hingga rata.

Cara Memasak:

Tambahkan satu porsi nasi dalam mangkuk besar. (Jika Anda memiliki mangkuk batu, panaskan di atas api sedang sampai sangat panas. Tambahkan 1 sendok makan minyak wijen dan nasi dan masak nasi selama beberapa menit.) Tempatkan sebagian kecil dari masing-masing sayuran yang disiapkan dan tambahkan daging sapi di atas nasi. Tuangkan sedikit minyak wijen. Letakkan telur goreng menghadap ke atas dan sajikan dengan saus pasta lada merah.

Sajikan dan nikmati! Bibimbap Korea sehat yang enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *